Tips Anti Dehidrasi Selama Bulan Ramadhan

Minggu, 14 Juli 2013


 Selama bulan Ramadan tubuh Anda rawan kehilangan cairan dalam jumlah yang banyak, padahal cairan tersebut berfungsi sebagai penyimbang metabolisme tubuh.
Berikut lima tips untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan dengan baik selama menjalankan ibadah puasa.

1. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka
Lebih baik untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman selain air putih, terutama yang mengandung gula dan kafein, karena cairan yang berguna bagi tubuh lebih sedikit tercipta dibandingkan air putih.

2. Perhatikan pakaian Anda
Pilihlah pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan hindari warna gelap supaya tidak mempercepat penyerapan panas yang dapat membuat Anda mudah berkeringat dan kehilangan banyak cairan tubuh.

3. Mandi dengan air dingin
Mandi dengan air dingin dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan menghindarkan dehidrasi. Tapi, perlu diingat terlalu sering mandi atau membasuh diri dengan air dingin bersifat makruh dan kurang baik bagi amal puasa Anda.

4. Rencanakan menu makanan Anda
Lengkapi konsumsi makanan Anda dengan berbagai bahan makanan yang mengandung sumber gizi utama, seperti karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin, serat, dan mineral. Kurangi makanan yang digoreng dan bersantan, serta yang banyak mengandung gula.

5. Latihan kebugaran
Olahraga memang akan menguras cairan tubuh Anda, namun di sisi lain juga berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Pilihlah waktu olahraga yang tepat yaitu di saat sore hari.(masress/Juanda)
Share this article :
 
Copyright © 2013. Beliaku Online Shop - All Rights Reserved
Template By: Template Design | Johny Template | Mas Template